Minggu, 08 April 2012

RESEP Gado Gado Betawi

Kalau mau bikin Gado-gado ala orang betawie saya ada resep gado-gado betawi nih, resep ini untuk keluarga besar yang punya anggota keluarga 8 -10 orang.

Gado-gado emang sebuah masakan yang bisa dibilang khas betawi , entah siapa yang ngecap demikian . Tapi rata-rata semua orang bilang begitu sih. Jadi kalau anda bukan orang betawi, maka mungkin resep gado-gado ala betawie ini perlu anda modifikasi lagi.

Ini dia Resep Gado-Gado Ala Betawie :


Bahan Gado-Gado:



2 buah labu siam, rebus
2 buah tahu, goreng
2 potong tempe, goreng

100 gram tauge, buang akarnya, seduh dengan air mendidih, tiriskan
300 gram kangkung, potong, rebus, tiriskan
300 gram bayam, petik daunnya, rebus, tiriskan
400 gram pare, buang bijinya, rebus
2-4 sdm bawang goreng



Bahan Gado-gado pelengkap :


Emping melinjo atau kerupuk merah khusus gado-gado . ( entah kenapa gado-gado betawi kalau nggakpake kerupuk merah kurang sedep yah..?) , bagi yang tak suka emping ( karena mungkin ada asam urat bisa ganti pakai kerupuk...)
Telur rebus, kupas

Bahan bumbu kacang untuk penyiram Gado-gado :


400 gram kacang tanah
4 buah cabe merah
10 buah  cabe rawit
2 sendok teh garam
1  sendok teh  terasi
400 cc air matang

Cara Membuat Gado-gado betawi :


Labu kita rebus, tahu kita goreng sampe empuk, saya lebih suka kalau tahunya digoreng agak garing, biar 'krenyes-kresnyes kalau dimakan. Tempenya juga digoreng. Nah kalau toge, cuma dibersihkan trus di seduh dengan air yg mendidih, Kangkung dan bayam , dibuangin dulu tuh akarnya, trus di rebus.Pare juag direbus. Bawang digoreng 

Setelah itu semua bahan dipotong sesuai selera,lalu campurin juga telur rebus yang udah dipotong empat, Kemudian siram dengan bumbu kacang yg cara membuatnya sbb :
Kacang yg udah digoreng + Cabe + garam + terasi, semuanya diulek bareng. kalau udah halus, dicampur ama air.

Nah... setelah bahan sayur gado-gadi udah siap, dan bumbunya jg udah siap, campurin dah tuh bahan sayur yng diatasnya disiramin pake bumbu kacang, Lalu terakhir taruh diatasnya empng atau kerupuk merah.

Dah tu die resep Gado-gado ala betawie.. moga-moga cocok lidah ente ye...



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar